Burger Opor, Menu Western dengan Citarasa Indonesia


Burger opor

Burger opor

SURABAYA – Wanita888.com : Lidah orang Indonesia tidak bisa jauh dari selera kuliner yang kaya rempah-rempah. Sebut saja Opor Ayam. Menu sehari-hari itu paling diminati mulai kalangan anak-anak hingga dewasa.

Namun ada yang sedikit berbeda, jika salah satu menu tradisional Indonesia yang kaya rempah itu dikombinasikan dengan menu barat seperti burger. Satu diantaranya, ”Burger Opor” kreasi Sous Chef Hotel Santika Pandegiling Surabaya Ervin Triana Suryanti.

Ervin mengatakan, mengingat opor itu selalu identik dengan daging ayam, maka Burger Opor ini pun menggunakan daging ayam.

Caranya mudah, daging ayam difilet terlebih dulu, kemudian digiling lalu direndam dalam bumbu opor. Setelah itu, tumis hingga bumbunya meresap dalam daging. Alangkah baiknya, masukan dalam lemari es sebelum diolah. Diamkan beberapa saat jika akan dipanggang. Daging yang dalam kondisi dingin tersebut bisa diangin-anginkan sebentar supaya es nya mencair.

Tak lupa sebagai pelengkapnya, buatlah mayonaise dan saus tomat sendiri. Hanya dengan membuat cincangan tomat segar lalu direbus hingga lunak. Tak perlu tambahkan air atau garam, cukup tonjolkan rasa asam tomatnya saja.

Untuk pendamping burger, kebanyakan orang menggunakan kentang goreng. Tapi perlu sedikit kreativitas yakni kali ini ganti dengan keripik pisang. Bisa pilih pisang tanduk atau raja nangka. “Pisang diiris memanjang kemudian dijemur sehari semalam di atas oven yang masih panas atau habis dipakai. Saat dijemur, pisang ditaburi garam dan setelah benar-benar kering pisang digoreng,” papar Ervin.

Sebelum menata olahan yang sudah jadi, Ervin mengatakan, roti burger baik yang bentuknya bulat maupung panjang sebaiknya dipanggang beberapa menit agar rotinya lebih terasa krispi dan warnanya lebih coklat, terutama bagian dalam roti.

Setelah itu disusun, taruhlah paling bawah saos tomat. Kemudian irisan slada hijau, kubis ungu, irisan tomat, mentimun, bawang bombay baru kemudian daging ayam dan belahan roti lainnya. “Burger opor ini sangat cocok untuk menu alternatif pengganti menu utama. Dipadukan keripik pisang yang rasanya gurih, sehingga menciptakan pengalaman yang berbeda,” tukas Ervin.

Ervin mengatakan, kombinasi menu western dan tradisi tersebut semakin menambah kekayaan kuliner Indonesia. Jika bosan dengan daging ayam, bisa diganti daging sapi atau kambing. Begitu pula pada rasa keripik pisang, bisa menggunakan bumbu jadi seperti rasa keju, pedas dan sebagainya sesuai selera.

“Untuk bekal sekolah anak juga bisa. Karena membuatnya sangat praktis, hanya perlu waktu sekitar 15 menit saja. Otomatis si kecil pasti suka dan hari-harinya pun terlewati dengan ceria,” tandasnya.[faf]

Sumber : Beritajatim

Related News

Dibaca 231 kali

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz
Read previous post:
Wanita Jangan Takut Jadi Tua

Proses penuaan menjadi momok bagi sebagian besar wanita, terutama mereka yang sudah berusia di atas 35 tahun.

Close