Fakta Menarik tentang Sensitivitas Hidung Manusia

Prev1 of 3


Fakta-Menarik-tentang-Sensitivitas-Hidung-Manusia-Wanita888-11012015-615x300
JAKARTA – Wanita888.com : Manusia seringkali berpikir bahwa di antara kelima panca indera, indera penglihatan adalah yang paling dominan.

Setelah itu pendengaran, sentuhan, rasa, dan penciuman. Indera penciuman seringkali dianggap yang paling lemah dan jarang diandalkan untuk mengenali sesuatu.

Hidung merupakan salah satu bagian organ yang penting dalam penampilan Anda. Tak hanya itu, hidung melakukan sejumlah fungsi tubuh yang penting, seperti bernapas, menghindari infeksi, dan menentukan rasa bau dan rasa. Bahkan, hidung dapat membuat Anda jatuh cinta dan merasakan bahaya.

Fakta Menarik tentang Sensitivitas Hidung Manusia Wanita888 11012015Hidung manusia berfungsi sebagai indera penciuman, bernapas, menyaring udara kotor dari luar juga membedakan aroma dan rasa pada lidah. Mungkin hanya sedikit dari Anda yang tahu bahwa hidung bisa membuat orang jatuh cinta bahkan ‘mencium’ adanya bahaya. Tidak hanya itu saja, banyak fakta-fakta menarik lain tentang hidung yang mungkin belum banyak orang ketahui. Apa saja?

Berikut adalah tujuh fakta aneh tapi menyenangkan pada hidung Anda, sebagaimana dikutip dari Healthmeup.

1. Bisa Mendeteksi 1 Triliun Jenis Aroma yang Berbeda
Hidung kita memiliki sekitar 400 reseptor yang bisa mengidentifikasi sedikitnya satu triliun aroma yang berbeda. Hal itu terungkap lewat studi yang dilakukan peneliti di Rockefeller University, New York. Dalam penelitian sebelumnya, diperkirakan bahwa manusia hanya mampu membedakan 10 ribu jenis bau-bauan namun sering berkembangnya teknologi, jumlah itu bertambah.

2. Hidung Manusia Bisa Mencium Emosi
Tidak hanya aroma atau wewangian, manusia juga bisa merasakan emosi leway indra penciumannya. Penelitian di Utrecht University, Belanda menemukan bahwa manusia bisa mendeteksi berbagai macam emosi dengan mencium senyawa kimia atau hormon yang dilepaskan tubuh. Ya, manusia bisa merasakan emosi manusia lainnya juga. Misalnya rasa takut atau jijik bisa diketahui dengan mengendus pakaian atau keringat karena aromanya akan berbeda dari emosi yang normal.

 

Prev1 of 3

Related News

Dibaca 466 kali

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz
Read previous post:
Tatanan Rambut yang Cantik untuk Malam Tahun Baru

Untuk menyempurnakan penampilan Anda, tatanan rambut yang cantik dan rapi akan membuat penampilan terlihat lebih menawan.

Close