Jangan Remehkan Hidung Tersumbat, Ini Cara Mengatasinya

Cara hilangkan hidung tersumbat (Foto: Womenshealthmag)

Cara hilangkan hidung tersumbat (Foto: Womenshealthmag)

JAKARTA – Wanita888.com : Hidung tersumbat dapat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya penebalan lapisan bagian dalam hidung, pengeringan rongga hidung, masuknya bakteri dan jamur dari luar, serta gangguan pada organ nasal.

Gangguan hidung tersumbat selama ini sering dianggap gangguan ringan yang tak perlu segera ditangani. Padahal, hidung tersumbat bisa menjadi indikator dari adanya penyakit-penyakit nasal, seperti rhinitis, sinusitis, dan asma.

Perubahan cuaca yang terjadi secara tiba-tiba, biasanya pada musim pancaroba atau masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan, kerap mendatangkan persoalan kesehatan.

Hal itu disebabkan kondisi iklim dan suhu udara kerap mengalami perubahan secara tiba-tiba sehingga tubuh otomatis akan berusaha keras beradaptasi dengan kondisi udara sekitar. Nah, umumnya, dengan kondisi seperti itu, imunitas atau daya tahan tubuh berkurang sehingga sebagian orang akan jatuh sakit.

Ada beberapa jenis penyakit yang biasanya muncul pada musim pancaroba, yakni flu, gangguan saluran pernapasan, gangguan pencernaan, dan demam tinggi yang disertai batuk serta panas dalam. Untuk penyakit gangguan saluran pernapasan, gejala awal yang muncul biasanya batuk, bronkitis, pilek, atau influenza dengan disertai bersin-bersin dan peningkatan suhu tubuh (demam).

Sebenarnya demam bukanlah penyakit, melainkan gejala dari adanya penyakit lain, semisal influenza. Mereka yang terkena influenza biasanya mengalami gangguan pada organ nasal, berupa pilek, batuk, dan hidung tersumbat. Di antara gangguan pada hidung yang sering dialami masyarakat, hidung tersumbat merupakan gangguan yang paling sering terjadi. Kendati demikian, sayangnya, gangguan tersebut justru paling dianggap remeh oleh kebanyakan orang.

Hal itu bisa terjadi lantaran sebagian besar masyarakat belum mengetahui apa dampak yang bisa ditimbulkan dari gangguan hidung tersumbat. Sebenarnya, hidung tersumbat bisa menjadi indikator dari penyakit-penyakit nasal, seperti rhinitis, sinusitis, dan asma.

Dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) dari RS Gandaria, Jakarta, dr Rusdian Utama Roeslani SpTHT-KL, menjelaskan hidung tersumbat dapat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya penebalan konha atau lapisan bagian dalam hidung, pengeringan rongga hidung, masuknya bakteri dan jamur dari luar, serta gangguan pada organ nasal.

“Gangguan hidung tersumbat dapat terjadi karena selaput lendir hidung membengkak, antara lain disebabkan oleh rinitis alergi atau flu. Flu sering terjadi pada masa pancaroba dan disebabkan oleh infeksi virus,” ujar Rusdian di acara seminar kesehatan, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Penyebab lain hidung tersumbat adalah penyakit ringan, seperti flu dan infeksi sinus. Terjadinya peradangan pada lapisan rongga hidung dapat mengakibatkan seseorang susah bernapas. Napas yang terasa berat dan sesak dapat membuat seseorang menjadi tidak nyaman dan merasa sangat tersiksa ketika menjalankan aktivitas sehari-hari.

Jika dilihat dari cara penularannya, flu dapat ditularkan melalui percikan ludah, batuk, bersin, kontak dengan orang yang sedang mengalami gejala flu, atau dengan benda-benda lain yang tercemar virus influenza. Adapun infeksi virus pada selesma (penyakit dengan gejala bersin-bersin, hidung tersumbat, batuk, atau kurang enak badan) akan menyerang saluran napas atas, yaitu bagian hidung dan tenggorokan. Pada umumnya. selesma tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya. Meksi begitu, gejala-gejala yang timbul dapat membuat penderita merasa tidak nyaman.

Rusdian mengatakan gejala flu biasanya terjadi pada hari kedua atau ketiga setelah virus menginfeksi. Gejala-gejala flu antara lain berupa hidung tersumbat, bersin-bersin, hidung meler, nyeri pada pipi atau dahi, nyeri tenggorokan, batuk, sakit kepala, dan tubuh terasa lelah serta kurang bertenaga.

Ketika seseorang menderita influenza, biasanya suhu tubuh meningkat, hingga 38°C sampai 40°C. Selain itu, kepala juga terasa sakit disertai dengan terasa lelahnya otot-otot dan sendi-sendi. Penderita juga akan merasakan berkurangnya nafsu makan, suara parau, batuk, sakit tenggorokan dengan langit-langit di hulu tampak memerah. Terjadi pula peradangan pada mata, ada cairan di hidung, dan hidung tersumbat. Gejala-gejala tersebut, kecuali batuk dan tubuh terasa letih. akan berangsur-angsur berkurang dan biasanya hilang sesudah tiga hingga lima hari.

Hidung tersumbat | Istimewa

Hidung tersumbat | Istimewa

Mengganggu Aktivitas

Meski terkesan sepele, gangguan hidung dapat menghambat aktivitas penderitanya. Hal itu dibenarkan oleh penyanyi sekaligus guru vokal anak-anak di Purwacaraka Music Studio, Allin Christelina Pontoh. Sebagai guru vokal, tentu saja Allin selalu berupaya menjaga kualitas suaranya. Namun, jika hidungnya tersumbat, suaranya pun tidak lagi optimal.

Selain itu, ketika bekerja, dia sulit berkonsentrasi sehingga materi yang hendak diajarkannya tidak sampai dengan optimal kepada murid-muridnya. Orang tua murid dan manajemen tempat Allin mengajar pun biasanya melarang dirinya mengajar saat terserang flu dengan alasan khawatir para siswa ikut tertular. “Maka dari itu, setiap hari saya selalu berusaha menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh, apalagi di musim penghujan seperti sekarang, tubuh sangat mudah terserang flu,” ujar dia.

Mengingat buruknya dampak dari flu, Rusdian menyarankan untuk tidak menyepelekan penyakit tersebut. Dia pun mengingatkan flu dapat memicu gangguan yang lebih serius. Sebagai contoh, saat flu dan hidung tersumbat, fungsi hidung untuk mengatur suhu dan menyaring udara pernapasan tidak berjalan optimal karena penderita umumnya bernapas melalui mulut. “Terlebih bagi penderita asma, penyakitnya itu bisa kambuh. Pasalnya, tanpa penyaringan oleh hidung, debu yang ikut udara pernapasan bisa masuk ke tenggorokan dan paru-paru. Hal itulah yang memicu kambuhnya asma atau gangguan pernapasan,” terang dia.

Bagi penderita asma, jika flu yang dialami tidak cepat ditangani dengan baik, penyakit asma akan terasa semakin mengganggu. Penderita akan semakin sulit bernapas, napas terasa “panjang”, dan terutama bagi anak-anak kondisi itu akan membuat mereka semakin sulit tidur.

Hilangkan Hidung Tersumbat Kurang dari Lima Menit

Partikel debu yang dihasilkan dari pencemaran udara memiliki dampak terhadap berbagai penyakit saluran pernapasan.

Bahkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) memasukkan lima kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Makassar, dalam hasil pemantauan polusi udara 1.082 kota di 91 negara.

Angka polusi tersebut, disusun berdasarkan laporan tahunan kadar partikel udara dalam udara yang disebut PM10. Dimana eskposur pencemaran udara tersebut, bisa menurunkan tingkat produktivitas dan kesehatan, termasuk kesehatan saluran pernapasan, masyarakat yang tinggal di kota-kota besar.

“Salah satu dampak gangguan pernapasan yang muncul adalah rhinitis allergic, sebuah diagnosa yang memiliki asosiasi dengan gejala-gejala yang berhubungan dengan saluran pernapasan. Selain rhinitis allergic, polusi udara juga menyebabkan flu, asma bahkan memicu timbulnya sinus yang membuat hidung tersumbat,” ujar dr. Tina Suksmasari, Medical Manager Bayer Consumer Care di The Belly Clan, Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis (21/5/2015).

Ditempat yang sama, DR Budi haryanto SKM, MSPH,MSc Peneliti Perubahan Iklim dan kesehatan Lingkungan dari Universitas Indonesia mengatakan, sepertiga masyarakat DKI Jakarta mengalami masalah penyakit ISPA, akibat pencemaran udara.

“Polusi udara yang dihirup tentunya menempel masih disekitar kepala seperti hidung yang membuat hidung tersumbat. Polusi juga bisa mengendap di paru-paru, itu yang bahaya. Tak hanya ISPA saja, polusi udara juga bisa menimbulkan efek penyakit berat seperti ginjal dan kanker,” bebernya.

Dikutip dari Koran Jakarta dan Okezone, DR Budi menambahkan, sumber pencemaran udara bisa diakibatkan banyak faktor seperti sampah padat, pembakaran bahan bakar transportasi.

Kendati demikian, Bayer mengeluarkan satu produk obat semprot untuk menghentikan gangguan hidung tersumbat akibat pencemaran udara Afrin. Meskipun masyarakat belum familiar dengan penggunaan obat semprot, namun Afrin terbukti klinis bekerja cepat dan praktis cegah hidung tersumbat.

 

Related News

Dibaca 255 kali

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz
Read previous post:
Sudah 17 Tahun, Gereja Kristus Yesus Berdampingan dengan Masjid Awwabin

Di tengah isu radikalisme yang sedang mengemuka, masih ada potret kerukunan umat beragama di Indonesia yang sangat membanggakan.

Close