Kebiasaan Orang Tua Penyebab Iritasi Pada Bayi

Sumber : Google

Sumber : Google

Wanita888.Com :  Iritasi kulit pada bayi bisa terjadi di area mana saja dan biasanya membuat sang ibu menjadi panik. Hampir kebanyakan bayi pernah mengalami iritasi, dikarenakan kulit bayi sangat tipis dan rentan dengan bakteri.

Kita tahu kulit bayi sangat sensitif terhadap sentuhan ataupun gesekan. Jika hal tersebut terjadi, para ibu langsung memutar otak, mencari tahu apa sebab iritasi kulit pada bayinya.

Tanpa menyadari bahwa sebenarnya iritasi pada kulit bayi dapat disebabkan oleh kebiasaan sang ibu sendiri saat merawat bayinya. Bayi yang gemuk mempunyai kemungkinan lebih besar mengalami iritasi daripada bayi yang bertubuh kecil. Kejadian ini dapat disebabkan karena pada bayi yang gemuk kulitnya cenderung berlipat-lipat sehingga lebih berpotensi mengalami iritasi.

Para ibu seringkali mendengarkan atau melihat iklan produk-produk perawatan kulit bayi dari orang-orang di sekitar atau dari media . Hal ini wajar dilakukan sang ibu karena ingin memberi yang terbaik bagi bayinya.

Namun ternyata  bergonta-ganti produk perawatan bayi ternyata bukanlah kebiasaan yang baik untuk dilakukan. Kulit bayi sangat sensitif karena lapisan permukaan kulit bayi belum terbentuk dengan sempurna.  Ikatan antar sel kulit masih longgar sehingga kandungan-kandungan dalam produk perawatan sangat cepat meresap ke dalam kulit.

Sementara setiap bayi memiliki reaksi berbeda-beda terhadap kandungan dalam produk-produk perawatan bayi. Produk yang cocok untuk satu bayi bisa jadi tidak cocok dengan bayi lainnya.

Penyebab yang kedua adalah ibu juga senang mendandani bayinya dengan pakaian-pakaian dan aksesoris lucu. Tapi tidak memperhatikan bahwa model dan bahan pakaian tertentu bisa menimbulkan iritasi pada kulit bayi.

Pakaian-pakaian dengan bahan yang tidak menyerap keringat, atau terlalu ketat akan menyebabkan kelembaban berlebih di area tertentu. Misalnya seperti di lipatan ketiak, belakang lutut, lipatan siku dan leher.

Satu lagi kebiasaan banyak ibu yang rentan membuat kulit bayi iritasi adalah berpikir bahwa bayi juga bisa menggunakan produk-produk yang umum digunakan orang dewasa. Keyakinan tersebut tentu salah besar. Bayi memerlukan produk yang khusus dirancang dan diformulasi untuk dirinya. Terutama untuk produk-produk yang bersentuhan langsung dengan kulit misalnya tissue, sabun, shampoo. (rl)

 

Related News

Dibaca 86 kali

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz
Read previous post:
Kemesraan Sophia Latjuba dengan Putri Cantiknya

Sophia Latjuba ingin membuktikan kepada publik bahwa ia mampu mengasuh buah hati tanpa kehadiran suami sejak perceraiannya dengan pria berkebangsaan...

Close