Kelezatan Kelelawar Yang Banyak Diburu Wisatawan Mancanegara

Sumber : Google

Sumber : Google

Wanita888.Com : Ini dia kuliner ekstrem lainnya di Manado. Paniki kerap kali diburu wisatawan mancanegara karena makanan ini bagi mereka tergolong unik.  Paniki adalah kelelawar besar yang banyak dijumpai di Manado.

Untuk kuah dari masakan ini terbuat dari santan kental yang diberi aneka rempah termasuk jahe khas Manado. Memasak paniki cukup lama, bisa sampai setengah hari agar rasanya mantap.

Bumbu makanan yang disebut Paniki ini, utamanya adalah santan kelapa dengan rempah2 seperti bawang merah, bawang putih, cabai, sereh, jahe dan sebagainya, secara rempah2 adalah khas makanan Indonesia.

Ketika Paniki dihidangkan, bau wangi masakan ini sangat kuat tercium, apalagi hewan ini memang mempunyai aroma khas yang lain dari pada hewan lain. Juga, karena Menado juga merupakan tempat yang menyukai pedas, unsur dan rasa pedas ini sangat terasa sekali.

Sebenarnya, daging paniki itu sendiri, tidak banyak bisa dinikmati, karena jika hewan ini kecil, kita seperti memakan ‘ceker’ ayam. Jika memang besar, tentulah kita bisa menikmatinya. Sensasinya adalah, ketika kita memakan sayapnya .

Menurut referensi buku tentang kelelawar, habitat kelelawar semakin berkurang, karena hutan dan pohon2 semakin terdesak oeh aktifitas manusia dan pemanfaatan lahan untuk hutan dan pohon2 justru sudah menjadi pemukiman, termasuk juga di daerah Manado.

Termasuk karena kelalawar sudah sering diburu, menjadikan hewan ini populasinya semakin sangat berkurang, sehingga memang masakan paniki sekarang ini sangat jarang, pun di daerah Manado.

Related News

Dibaca 99 kali

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz
Read previous post:
Inilah Bayi Raksasa Yang Lahir Dengan Berat 6,8 Kg

Seperti dikutip dari laman dailymail.co.uk seorang ibu berusia 19 tahun di India bernama Nandhini baru saja melahirkan bayi perempuan dengan...

Close