Menikmati Kereta Terpanjang Didunia

The Ghan Train (Foto: Great Southern Rail)

The Ghan Train (Foto: Great Southern Rail)

Wanita888.Com: Perjalanan dengan transportasi kereta kadang memberikan pengalaman membosankan karena tidak banyak yang bisa dilakukan di dalam sebuah gerbong.

Penumpang mungkin hanya bisa menikmati pemandangan yang lewat di jendela. Lalu apa yang dirasakan jika menaiki kereta terpanjang di dunia? Darwin – Tak hanya punya satwa unik dan pemandangan eksotik, Australia juga punya rangkaian kereta api terpanjang di dunia.

Terdiri dari 44 gerbong, panjangnya setara 12 lapangan sepakbola ,The Ghan dipercaya mampu menampung hingga 5.800 penumpang sekali jalan. Untuk melayani penumpang sebanyak itu, The Ghan juga membekali diri dengan 6 gerbong restoran, 5 gerbong lounge, serta gerbong khusus untuk barang bawaan traveler.

The Ghan merupakan singkatan dari The Afghan Express. Memang, tak ada yang dapat memastikan bagaimana kisah kereta api itu disematkan kata "Afghanistan", negeri asal penuntun unta. (Tourism Australia)

The Ghan merupakan singkatan dari The Afghan Express. Memang, tak ada yang dapat memastikan bagaimana kisah kereta api itu disematkan kata “Afghanistan”, negeri asal penuntun unta. (Tourism Australia)

Tepatnya pada 22 Mei lalu, The Ghan Train memecahkan rekor dengan melakukan perjalanan dari Adelaide, Alice Springs hingga ke Darwin selama tiga hari dua malam.

Kereta melaju dengan 44 gerbong dan 2 lokomotif serta mengangkut 327 penumpang dan 55 awak. Dari informasi yang dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Senin (30/5/2016), The Ghan merupakan kereta api yang sangat legendaris di Australia.

Mulai beroperasi sejak tahun 1929, The Ghan melayani rute dari Adelaide menuju ke Darwin, membelah benua Australia dari ujung selatan menuju ke utara. Perjalanan sejauh 2.979 Km itu dapat ditempuh The Ghan dalam waktu 54 jam, atau kurang lebih 3 hari 2 malam, dengan satu kali pemberhentian di Kota Alice Springs selama kurang lebih 4 jam. Kecepatan rata-ratanya mencapai 85 Km/jam.

Direktur Sales Marketing dari Great Southern Rail, Steve Kernaghan mengatakan, The Ghan menjadi kereta penumpang dengan perjalanan terpanjang, setelah sebelumnya pernah dilakukan saat perjalanan perdana di tahun 2004.

“The Ghan telah mengalami lonjakan permintaan penumpang selama 12 bulan terakhir berkat tarif all-inclusive dan pilihan wisata baru Alice Springs and Katherine,” kata Kernaghan seperti dikutip dari keterangan pers tertulis.

“Kami sangat bangga dapat menyambut ribuan wisatawan kereta ikonik ini yang ingin menikmati momen liburan luar biasa di Australia,” ujarnya.

Selama melakukan perjalanan menggunakan The Ghan Train, para penumpang dimanjakan dengan berbagai fasilitas seperti gerbong ruang duduk yang nyaman, gerbong bagasi, tempat tidur, restoran, serta aneka sajian kuliner lezat untuk menemani waktu sarapan, makan siang dan makan malam.

Tak hanya itu, ada sekitar 55 kru yang bertugas untuk melayani para penumpang. Sekali perjalanan, The Ghan menyiapkan sekitar 190 kg daging ikan, 190 kg sayuran, serta 3.000 butir telur untuk sarapan penumpang.

Tampak dalam The Ghan Train (australian-trains.com, canada.com)

Tampak dalam The Ghan Train (australian-trains.com, canada.com)

Tampak dalam The Ghan Train (australian-trains.com, canada.com)

Tampak dalam The Ghan Train (australian-trains.com, canada.com)

The Ghan melayani rute dari Adelaide menuju Darwin hanya selama seminggu sekali. The Ghan keluar sebagai jawara yang terpanjang mengungguli saudaranya yaitu kereta The Indian Pacific yang panjangnya mencapai 2.540 kaki (setara 774 meter), kereta jarak jauh di India 1.970 kaki (600 meter), serta kereta RC Locomotive di Swedia sepanjang 1.740 kaki (530 meter).

Perjalanan naik The Ghan bisa jadi pengalaman tersendiri bagi traveler untuk menikmati Australia dengan cara yang berbeda. (rl)

Sumber : Berbagai Sumber

Related News

Dibaca 231 kali

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz
Read previous post:
Restoran Bugil Belum Buka Puluhan Ribu Orang Sudah Antri

Sebuah rumah makan di Inggris memiliki antrean hingga 29.224 orang. Rupanya warga London dan sekitarnya penasaran untuk makan di restoran...

Close