Omset Rp 300 Juta Sebulan Dengan Melestarikan Kebaya Bali

Foto : Vemale.Com

Foto : Vemale.Com

Bali – Wanita888.Com : Mengenakan busana kebaya menjadi hal yang wajib dilakukan  bagi masyarakat asli Bali, saat mendatangi pura untuk beribadah. Wita, berhasil menjalankan usahanya di bidang fashion, khususnya menjual kebaya Bali, karena melihat kebutuhan masyarakat Bali.

Sejak tahun 2002, ia mulai merintis bisnisnya tersebut sampai sekarang dengan label Wita Kebaya Bali. Menurutnya, ini merupakan peluang untuk dirinya, karena pemasarannya yang lumayan mudah membuat usahanya berjalan lancar.

“Saat ini banyak orang yang sangat interest dengan busana tradisional, bagus banget. Bahkan kebaya dan tenun bisa go internasional,” ungkap Wita saat ditemui Vemale di booth miliknya di JFFF Kelapa Gading Jakarta Utara Rabu 11 Mei 2016.

Kebaya Asli Bali Full Kerawang. Foto : Vemale.Com

Kebaya Asli Bali Full Kerawang. Foto : Vemale.Com

“Semuanya handmade punya saya, kalau kebaya di sini beli meteran terus dijahit. Tapi kalau kebaya saya, yang kebaya Bali asli tanpa payet. Sebelum dijahit, satu baju digambar, lalu dibordir, kemudian proses berikutnya dikerawang untuk membuat lubang-lubang pakai mesin dan setelah itu dijahit, satu baju bisa butuh waktu selama 3 minggu,” jelasnya.

“Kebaya Bali asli full kerawang, dengan mengambil tema bunga-bunga di Bali, misalnya bunga Jepun (bahasa Bali) bunga Kamboja, lalu Pucuk Arjuna itu Kembang Sepatu. Ambil motif luar juga seperti bunga Tulip. Semuanya mengandung unsur seni ukiran-ukiran Bali,” tambah Wita.

Selain menjual kebaya Bali, wanita bertubuh ramping ini pun menjual songket dan tenun. Wita pun mengaku usahanya terus meningkat, terbukti dengan omset yang ia dapatkan hingga berjumlah Rp 300 juta dalam sebulan.

Harga jual kebaya full kerawang dibandrol Rp 800.000, kebaya modifikasi dengan penggunaan payet-payet Rp 1.200.000 dan tenun Bali dimulai dari Rp 500.000 hingga Rp 20 juta. (rl)

 

Related News

Dibaca 202 kali

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz
Read previous post:
Tumis Buncis Telor

Bahan : 150 gram baby buncis, potong panjang 2cm 2 bh telur ayam, kopyok,dadar orak arik, sisihkan 3 bh bawang...

Close