Penyebab Kaki Kram

Jakarta – Wanita888.Com: Kram adalah pengerutan pada otot, yang muncul secara tiba-tiba dan menyebabkan nyeri. Kram bisa sembuh dengan sendirinya selama beberapa detik, menit, atau jam, tergantung dari kontraksi tersebut, dan kram dapat terjadi pada otot rangka atau otot polos. Beberapa penyebab kram di bagian kaki ialah:

Kram pada kaki

Kram pada kaki

  • Kekurangan mineral, seperti kalium, kalsium, dan magnesium.
  • Tekanan terhadap saraf pada tulang belakang.
  • Suplai darah yang tidak memadai. Penyempitan arteri yang mengalirkan darah ke kaki dapat menimbulkan nyeri.
  • Dehidrasi yang menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan.
  • Kram biasa terjadi saat bulan-bulan terakhir kehamilan karena kekurangan kalsium dan magnesium.
  • Cedera atau menggunakan otot secara berlebihan. Terlalu lama duduk atau berdiri, meletakkan kaki pada posisi yang tidak nyaman selama tidur.
  • Terpapar suhu dingin.
  • Efek samping penggunaan obat-obatan, seperti pil kontrasepsi, obat antipsikotik, diuretik, statin, dan steroid.
  • Infeksi seperti tetanus.
  • Kondisi medis lainnya seperti penyakit ginjal, penyakit tiroid, multiple sclerosis (penyakit autoimun yang menyerang sistem saraf pusat), atau masalah aliran darah (penyakit arteri periferal).

 

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kram adalah:

1. Jauhi Hak Tinggi
Kalaupun terpaksa harus mengenakan hak tinggi, sesekali lepaskan agar jari kaki punya kesempatan untuk istirahat. Sekalipun ukurannya longgar, bentuk sepatu hak tinggi menyebabkan jari selalu menekuk sehingga aliran darah tidak lancar.

2. Pilih sepatu yang longgar
Sepatu yang terlalu ketat di bagian ujung membuat jari kaki sering mengalami tekanan saat melangkah, apalagi saat berjinjit. Akibatnya aliran darah di tempat itu kurang lancar sehingga jari mudah kram.

3. Jaga keseimbangan cairan tubuh
Kekurangan cairan tubuh juga merupakan faktor risiko terjadinya kram otot, termasuk di jari kaki. Perbanyak minum air putih terutama saat melakukan olahraga berat dan banyak mengeluarkan keringat.

4. Cukupi kebutuhan mineral tubuh
Salah satu pemicu kram pada jari kaki adalah kekurangan mineral terutama kalsium, kalium dan magnesium. Asupan minimal yang disarankan adalah 1.000 mg kalsium dan 4,7 gram kalium setiap hari. Khusus magnesium,
anjuran per harinya adalah 400-420 mg untuk pria dan 310-320 mg untuk wanita.

melancarkan peredaran darah di kaki

5. Olahraga jari kaki
Tidak butuh peralatan khusus untuk melatih kelenturan dan kekuatan jari kaki. Cukup dengan menggerak-gerakkannya untuk mengambil handuk atau kelereng di lantai sambil berdiri misalnya, atau gerakkan saja sesuka hati sambil duduk santai menonton.

6. Pijat atau rendam di air hangat
Banyak cara untuk melancarkan peredaran darah di kaki, namun yang paling mudah dan nyaman untuk dilakukan adalah sering-sering memijatnya. Cara lain yang cukup menyenangkan adalah sering-sering merendam dalam air hangat.

Semoga informasi tentang faktor penyebab dan cara mengatasi kram diatas dapat bermanfaat. (mw)

sumber: national health service

Related News

Dibaca 215 kali

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz
Read previous post:
Boomingnya Era India Mobile Commerce

Seorang wanita warga India bernama Varsha Deerpaul berusia 32 tahun mengatakan bahwa untuk berbelanja saat ini tidak lagi harus pergi...

Close