Penyebab Perceraian Yang Harus Diwaspadai

Foto: copyright thinkstockphotos.com

Foto: copyright thinkstockphotos.com

Jakarta – Wanita888.Com : Perceraian merupakan proses yang  sulit bagi pasangan.  Karena bercerai akan mengakibatkan tersakiti secara fisik maupun emosional.

John Mordechai Gottman  Psikolog dari University of Washington dan Robert Wayne Levenson dari University of California menemukan penyebab yang memicu hubungan tidak baik pada pasangan suami istri (pasutri).

Mereka berdua telah melakukan penelitian kepada 79 pasangan suami istri selama 14 tahun. Responden adalah masyarakat di Midwest Amerika Serikat didapatkan sebanyak 21 pasangan yang diteliti bercerai selama mereka melakukan studi.

Empat hal tersebut adalah sebagai berikut, seperti dikutip brilio.net dari Independent.co,uk pada Selasa (23/2).

1.Faktor Hinaan

Perbuatan menghina menurut peneliti lebih berbahaya daripada keadaan ketika seseorang frustasi.  Hinaan adalah campuran antara kemarahan dengan merendahkan pasangan.

Dalam kondisi ini, seseorang menganggap pasangannya lebih rendah darinya, tidak lagi sejajar kedudukannya .  Seseorang mengeluarkan hinaan adalah karena sisi emosi terhadap pasangan. Hinaan dapat diantisipasi  dengan cara bersedia melihat kondisi atau permasalahan dari perspektif pasangan.

wanita888perceraian203062016

2.Faktor Kritikan

Kritik yang dimaksud di sini adalah kritik yang telah bergeser, dari bahasan perilaku buruk yang dilakukan pasangan menjadi sifat buruk yang dimiliki pasangan.

Kritik di sini telah disertai dengan pernyataan bahwa sifat bawaan pasangan merupakan penyebab kesalahan tersebut. Seiring berjalannya waktu, kritikan disertai saling menyalahkan satu sama lain akan bertambah-tambah dan menjadi  suatu kebiasaan. Sikap ini tidak akan muncul jika satu sama lain bersedia menyampaikan kekeliruan atau kesalahan dengan melakukan pembahasan yang tepat.

Wanita888Perceraian403062016

3.Defensif

Sikap ini adalah tidak mau mengakui kesalahan diri dan malah menuduh orang lain  yang bersalah. Ketika seseorang tidak menjalankan peran dengan baik, sikap defensif ini akan membuat situasi semakin buruk. Pertengkaran akan bisa dihindarkan jika ada kesediaan saling menyadari kesalahan dan bersedia saling meminta maaf.

Wanita888Perceraian503062016

4.Diam Seribu Bahasa

Pasangan masing-masing harus mengetahui kapan memulai berargumen atau berkomentar untuk melanjutkan  suatu percakapan. Perilaku  buruk mengabaikan seperti , sibuk bermain ponsel, atau berjalan menjauh dari pasangan ketika dia ingin mengadakan percakapan dikatakan peneliti sama beracunnya dengan poin pertama penyebab perceraian, yaitu hinaan.

Saling memberi tanggapan berupa apapun kepada pasangan pada saat seperti ini adalah bentuk penghargaan yang tinggi kepada pasangan.

Wanita888Perceraian303062016

Pada dasarnya, melakukan salah satu atau bahkan semua dari perilaku ini merupakan sesuatu yang normal.  Namun langkah pertama untuk secara aktif memperbaiki hubungan buruk tersebut adalah menyadari  bahwa kamu sedang melakukan sesuatu yang bisa memperburuk hubungan . (rl)

Related News

Dibaca 92 kali

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz
Read previous post:
Wanita888rambut103062016
Membuat Rambut Tipis Mengembang Secara Alami

Rambut yang tipis dan lurus memang cukup sulit untuk ditata. Dengan sedikit kesabaran dan usaha, Anda juga bisa tampil dengan...

Close