Waspada Bayi Lahir Alami Gangguan Tiroid

Sumber : Google

Sumber : Google

Jakarta – Wanita888.Com : Hipotiroid  bukan hanya menyerang orang dewasa tetapi juga bisa terjadi pada bayi yang baru lahir atau disebut hipotiroid kongenital. Hipotiroid merupakan salah satu gangguan fungsi tiroid yang terjadi, karena kelenjar tiroid kurang aktif memroduksi hormon tiroid.

Masalah hipotiroid pada bayi jangan dianggap sepele. Jika tidak segera mendapat penanganan, bayi dengan hipotiroid kongenital akan mengalami gangguan tumbuh kembang hingga retardasi mental. Dari 4,7 juta bayi yang lahir setiap tahun di Indonesia diperkirakan sekitar 1.600 yang mengalami gangguan tiroid

Sayangnya, masih banyak orang tak sadar dengan adanya penyakit ini. orangtua perlu waspada karena pada minggu awal kehidupannya bayi ini tampak normal, namun satu bulan kemudian baru nampak ciri-ciri fisik ia mengalami kelainan ini. Namun jika ciri tersebut sudah nampak artinya sudah terlambat, tak bisa lagi ia tumbuh seperti biasa. “Cara untuk mencegahnya adalah dengan lakukan skrining hipotiroid kongenital pada awal kehidupannya.

Ketua Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dr. Aman Bhakti Pulungan, Sp. A (K) mengatakan, orangtua sering kali baru datang ke dokter ketika anak sudah mengalami keterlambatan bicara hingga keterlambatan perkembangan motorik halus. Pengobatan sesegera mungkin akan mencegah bayi mengalami retardasi mental. Bayi pun bisa tumbuh dan berkembang seperti anak-anak lainnya

Bayi dengan hipotiroid kongenital mungkin awalnya terlihat normal. Gejala bisa muncul setelah beberapa bulan. Ada pasien saya, gejala baru timbul setelah usia satu tahun,” jelas Aman dalam jumpa pers Pekan Kesadaran Tiroid Internasional ke-8 di Jakata, Selasa (24/5/2016)

Berikut ciri bayi yang baru lahir mengalami gangguan fungsi tiroid:

1.     Pusar bodong

2.     Muka sembab

3.     Bibir tebal

4.     Tubuh pendek

5.     Lidah besar dan keluar

6.     Kesulitan bicara

7.     Jarang menangis

8.     Konstipasi

Namun, Aman menegaskan, untuk screening hipotiroid kongenital, jangan menunggu tanda-tanda tersebut mulai muncul atau terlihat pada bayi. Periode emas untuk screening hipotiroid kongenital adalah 48-72 jam setelah bayi lahir.

“Jadi harus screening sejak lahir. Begitu ketahuan, segera diobati,” kata Aman.

Pengobatan sesegera mungkin akan mencegah bayi mengalami retardasi mental. Bayi pun bisa tumbuh dan berkembang seperti anak-anak lainnya. (rl)

 

Related News

Dibaca 81 kali

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz
Read previous post:
Sumber : Google
Tren Terbaru Pesta Pernikahan

Dikutip dari Metro, Selasa (24/5/2016), enam tren baru dalam pesta pernikahan ini akan menginspirasi Anda untuk membuat pesta yang berkesan...

Close